Beranda > Rubrik Pesona Wisata > Mengatur Waktu OJT dan Kuliah

Mengatur Waktu OJT dan Kuliah

Saat ini Saya sedang menjalani pelatihan  di sebuah LPK program diploma 2 di Yogyakarta. Saat masuk pertama kali ke program ini bayangan saya materi yang akan didapatkan lebih banyak dan lebih baik. Praktek yang saya dapatkanpun sangat sedikit. Akhirnya saya mengambil inisiatif untuk magang di beberapa hotel agar saya lebih terampil, namun hal ini membuat saya lupa ke Bangku kuliah sama sekali sehingga saya sering bolos. Mohon tanggapan JTTC terhadap permasalahan yang saya hadapi saat ini?

Eksaningtyas, Yogyakarta

Saudari Eksa di Yogyakarta, saat ini Anda menghadapi kebingungan berhubungan dengan permasalahan yang saudari hadapi. Pada prinsipnya pendidikan adalah penting untuk pengembangan karir Saudari kedepan. Memang benar guna mendukung pengetahuan yang Anda miliki, Saudari harus sering melakukan praktek atau kegiatan apa saja yang mendukung peningkatan keterampilan Saudari.

Terdapat 2 metode untuk mengasah pengetahuan, keterampilan atau bahkan sikap di dalam pelatihan. Metode yang pertama adalah metode On the Job Training sedangkan metode yang kedua adalah metode Off the Job Training. Sebenarnya dua metode ini dapat digunakan secara sendiri-sendiri atau bahkan dikombinasi. Metode Off The Job Training biasanya dilakukan di dalam kelas atau ruang praktek. Untuk kepentingan ini, ruang kelas atau ruang praktek di setting sedemikian rupa sehingga mirip tempat aslinya. Metode simulasi atau role play biasanya digunakan disini.

Metode kedua yaitu On the Job training lebih kepada kondisi kerja sebenarnya. Disini Anda diterjunkan ke kondisi kerja sebenarnya dan diharapkan akan mendapatkan berbagai pengetahuan atau keterampilan secara praktis termasuk trik-trik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang akan atau sedang  Saudari hadapi. Biasanya metode ini lebih mengena di bandingkan metode yang pertama.

Metode pembelajaran yang sedang saudari jalani saat ini adalah metode on the job training dimana Anda benar-benar merasakan kondisi kerja yang sebenarnya. Saudari Eksa, menjalani OJT tidak berarti harus meninggalkan bangku kuliah. Usahakan Saudari dapat mengatur waktu untuk menjalani masa OJT, sehingga tidak mengganggu waktu kuliah Anda. Saran kami, lakukan OJT pada saat liburan kuliah atau pada sore/malam hari. Kalau tidak salah untuk program D2 disediakan waktu tersendiri untuk melakukan OJT di akhir perkuliahan nanti.

Untuk menjadi kompeten atau ahli disuatu bidang keahlian kita dituntut menguasai pengetahuan dan keterampilan secara bersama-sama. Kemampuan konsep dan keterampilan haruslah seimbang agar kegiatan yang kita lakukan memiliki output yang baik. Saudari Eksa harapan kami, pilihan apapun yang akan diambil sebaiknya dipertimbangkan secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari, karena bagaimanapun masa depan berada ditangan Saudari sendiri. Selamat berusaha (IR/JTTC) 
 

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: