Beranda > Rubrik Pesona Wisata > Wisata Jawa Timur

Wisata Jawa Timur

Kepada JTTC
Nama saya Wahyu, saya senang sekali melakukan perjalanan ke beberapa tempat. Rencana saya, setelah lebaran saya ingin ke  Bali  tapi sebelumnya saya ingin sekali singgah di beberapa tempat di daerah Jawa Timur. Dapatkah JTTC memberikan saran daerah mana saja yang dapat saya kunjungi di Jawa Timur. Dan menurut JTTC angkutan apa yang cocok dan irit bagi saya untuk melakukan perjalanan ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tanggapannya.

W_andi54@yahoo.com

Saudara Wahyu, Banyak sekali atraksi yang dapat Saudara kunjungi sebelum sampai di tujuan utama saudara yaitu Bali. Mengenai angkutan umum cukup banyak angkutan umum yang dapat Saudara manfaatkan seperti bus ataupun kereta api. Tetapi dengan banyak tujuan yang akan Saudara kunjungi, kami sarankan Saudara menggunakan bus saja. Rata-rata ketersediaan angkutan umum di daerah Jawa Timur cukup memadai artinya untuk angkutan yang melayani jalur utama tersedia selama 24 jam.

Perjalanan Saudara dapat dimulai dari daerah Ngawi Jawa Timur, kota ini terletak hampir di perbatasan Jawa tengah dan Jawa Timur. Pesona yang dapat Saudara nikmati disana adalah sungai Bengawan Solo dengan museum Trinilnya. Daerah sekitar Museum Trinil ini merupakan kawasan dimana ditemukannya fosil-fosil manusia purba Pithecanthropus Erectus manusia purba yang hidup sejuta tahun lalu ditemukan.  Selain itu dimuseum Trinil juga terdapat replika fosil-fosil manusia purba dan fosil gajah purba.

Saudara Wahyu, kota selanjutnya yang dapat dikunjungi adalah Nganjuk, Didaerah ini terdapat air terjun Sedodo yang terletak 27 Km sebelah selatan kota dan terletak pada ketingian 500 diatas permukaan laut. Ketinggian air terjun ini hampir mencapai 120 meter dan biasanya di bulan Suro (kalender Jawa) diadakan upacara adat mandi. Tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat Candi Ngetos yang merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit sekitar abad XIV.

Setelah dari Nganjuk Saudara dapat mengunjungi kota Mojokerto yang merupakan tempat berdirinya Kerajaan Majapahit. Dikawasan Trowulan Saudara dapat menemui areal bekas peninggalan kerajaan Majapahit yang didirikan antara abad XII-XVI terutama di  daerah Trowulan. Didaerah ini terdapat beberapa candi diantaranya Candi Tikus, Candi Bajang Ratu dan Candi Brahu. Untuk mengetahui kilasan sejarah Majapahit terdapat Museum Trowulan yang tidak jauh lokasinya dari kolam Segaran. Selain wisata museum yang menarik lainnya adalah wisata pemandian air panas dan dingin yang terletak di daerah Pacet dan daerah Sekarputih di Mojokerto.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju daerah lainnya di Jawa Timur Saudara dapat singgah dulu di Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan juga merupakan ibukota propinsi Jawa Timur. Surabaya sendiri memiliki atraksi sebagai kota wisata belanja dimana beberapa pertokoan besar terdapat disana. Selain itu Saudara dapat mengunjungi Kebun binatang Surabaya yang memiliki koleksi cukup lengkap. Dirubrik kami beberapa waktu lalu dengan tema wisata ziarah sempat dipaparkan obyek wisata ziarah di daerah Ampel.

Obyek yang cukup menarik untuk dikunjungi dan berjarak kurang lebih 60 km dari Surabaya yaitu kawasan Bromo tepatnya pintu masuk pertama melalui daerah Pasuruan. Gunung Bromo sendiri memiliki atraksi lautan pasir dan pemandangan matahari terbit yang cukup menarik. Selain Gunung Bromo daerah pegunungan lainnya dipasuruan yaitu  Tretes. Daerah ini memiliki hawa sejuk dengan lingkungan yang cukup tenang.  Daya tarik tretes antara lain air terjun Kakek Bodo dan Bumi perkemahan serta daerah resort yang lengkap dengan berbagai fasilitas olahraga.  

Saudara Wahyu, 2 daerah lainnya yang dapat saudari kunjungi sebelum menuju Bali yaitu daerah Situbondo Jawa Timur. Didaerah tersebut Saudara dapat menemui Pantai Pasir Putih yang terletak di Jalan Surabaya-Banyuwangi. Pantai yang menawarkan beberapa kegiatan bagi Saudara seperti menyelam, berperahu ataupun hanya sekedar berenang dan bersantai dapat dengan mudah dijangkau.  Selain Pasir Putih daerah taman wisata Baluran yang terletak di daerah perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo dapat Saudara jadikan tujuan akhir sebelum ke Bali. Baluran sendiri merupakan suaka margasatwa bagi hewan dilindungi Banteng. Selamat melakukan perjalanan  (IR/JTTC)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: