Beranda > Rubrik Pesona Wisata > Wisata Nusakambangan

Wisata Nusakambangan

Kepada JTTC

SAYA karyawan sebuah CV yang berkantor  di Jl  Solo, kebetulan pada Juni 2003 mendatang saya beserta karyawan lainnya berencana ke Nusakambangan  Cilacap. Kabarnya obyek wisata di daerah tersebut cukup bagus untuk dinikmati. Tetapi sepengetahuan saya Nusakambangan hanya sebuah penjara tempat dimana para napi kelas berat dihukum. Mohon penjelasan JTTC mengenai daerah nusakambangan? Kalau kami ingin berkunjung ke daerah tersebut apakah ada travel agent/biro perjalanan wisata yang dapat menguruskan perjalanan kami? Dan yang terakhir saya mendengar disalah satu radio swasta tentang pelatihan mega training JTTC terutama materi Quantum Service dapatkah saya bergabung?

Wahyu Indra Satya, Yogyakarta

Saudara Wahyu di Yogyakarta terima kasih atas atensinya pada Rubrik kami dan program-program JTTC. Memang benar Nusakambangan adalah sebuah kawasan dimana terdapat beberapa Lembaga Pemasyarakatan. Pulau Nusakambangan sendiri, terletak disebelah selatan dan berdampingan dengan kota Cilacap dengan luas pulau 210 km2 (panjang  36 km dan lebar  4-6 km). Secara administratif pemerintahan masuk dalam wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Cilacap sedangkan untuk Nusakambangan sendiri berada di bawah Departemen Kehakiman dan HAM. Dipulau ini terdapat sekitar sembilan LP yang dibangun pada masa Hindia Belanda, sekitar tahun 1908 – 1942. Dari sembilan LP tersebut, sebanyak lima LP, yakni Nirbaya, Karanganyar, Karangtengah, Gliger dan LP Limus Buntu dinyatakan tidak memenuhi syarat lagi sebagai tempat pembinaan para napi. Oleh karenanya kini tinggal 4 LP yang masih difungsikan, masing-masing adalah LP Batu, Besi, Kembangkuning dan LP Permisan. Masing-masing LP ini, rata-rata menampung 250-an napi yang hampir 98 % adalah napi kriminal.

Tetapi tidak hanya itu saja yang mungkin dapat Saudara Wahyu dan rekan nikmati. Pantai yang membentang di daerah pesisir sepanjang 36 km cukup indah dan memiliki nuansa tersendiri dengan batu-batunya yang artistik di sepanjang pantai memberikan sentuhan yang berbeda dengan beberapa daerah lain di Jawa. Pantai-pantai yang dapat saudara nikamti diantaranya Karangbolong, Pantai Cimiring  dan Pantai Ranca Babakan di bagian barat. Sedang di pesisir selatan, merupakan pantai pasir putih yang berhubungan dengan perairan Samudera Indonesia.

Saudara Wahyu, hutan mangrove yang merupakan ciri khas dan biasa dijumpai pada pantai yang tenang, dapat juga dijumpai di sepanjang Pulau Nusakambangan dan kawasan laguna Segera Anakan. Berbagai jenis tumbuhan yang terdapat di hutan tersebut antara lain, Rhizophora (bakau), Bruguiera, Avicinea (api-api), Soneratia dan Ceriops.

Selain wisata pantai terdapat beberapa gua yang juga mempunyai karakteristik unik dan dapat dijadikan tujuan wisata. Salah satu contoh, Gua Masigit Sela, penduduk sekitar biasa menyebut gua ini gua ibadah sebab, di tengah gua tersebut terdapat sebuah bedug seperti layaknya masjid/mushola serta sumur air tawar yang digunakan berwudlu. Gua ini berada di kaki bukit pulau Nusakambangan sebelah utara. Konon gua ini dikunjungi untuk pertama kalinya oleh Sunan Pakubuwono X sekitar tahun 1961.

Potensi lainnya yang tidak dapat dilewatkan yaitu keberadaan benteng militer peninggalan Bangsa Portugis. Benteng yang berada di daerah Karangbolong itu, juga dikenal sebagai Benteng Pendem karena sengaja disamarkan dengan ditimbun menggunakan material tanah/batu dan sepintas menyerupai sebuah bukit kecil. Kalau Saudara ada kesempatan masuk  ke Benteng,  Saudara akan menemukan  fasilitas benteng yang  cukup lengkap seperti barak tentara, gudang mesiu, dapur, ruang meriam, tempat pengintaian dan ruang penjara Benteng ini berada di pantai timur Pulau Nusakambangan dengan tempat pengintaian menghadap ke laut. Kondisinya masih cukup baik, meskipun ada beberapa bangunan yang sudah rapuh, terutama pada bagian tengah benteng.

Untuk Travel penyelenggara tour ke Nusakambangan saudara dapat menghubungi Paramita Tour, Telp 520728 c/o Umar. Tentang Mega Training JTTC memang hampir setiap surat/e-mail bahkan fax  yang masuk ke kami menanyakan tentang Mega Training, terutama Quantum Service yang menawarkan konsep layanan cerdas. Konsep yang berbasis pada 3 Capital ini (Intellectual, Soft dan Social Capital) sangat penting untuk dikembangkan dan dieksplorasi. Quantum Service akan diselenggarakan JTTC pada tanggal 8 Juni 2003 di Hotel Natour Garuda Yogyakarta. Untuk bergabung dalam training tersebut saudara dapat menghubungi kami di Telp. 0274-543704 dengan Sdri. Ogi (IR/JTTC)

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: