Beranda > Artikel SDM > Mengantisipasi Krisis Dengan “Pop Management”

Mengantisipasi Krisis Dengan “Pop Management”

Mengantisipasi  Krisis Dengan “Pop Management”

PERIOD

CONCEPT

PIC

Pre-Crisis
  • Mengenali sumber-sumber/penyebab krisis
  • Mengklasifikasi skala krisis dan penanganannya
  • Menentukan spokesperson berdasarkan sumber krisis
  • Memberikan training bagi spokesperson di setiap sumber krisis
  • Melakukan kontrol secara berkala melalui peranan spokesperson
  • Mempersiapkan pengadaan Crisis Center
  • Mengenali pihak-pihak eksternal yang terkait dengan penanganan krisis
  • Menentukan media yang akan dilibatkan
  • Menyiapkan program simulasi krisis
  • Melakukan Pilot Testing Crisis
  • Menentukan target waktu penanganan krisis
  • Menentukan anggaran setiap penanganan krisis
  • Menentukan metode penyelesaian krisis dengan pihak-pihak terkait
  • Menyiapkan administrasi/dokumen penanganan krisis
  • PR
  • Manajemen
  • (Direksi–Komisaris)
  • HRD/Personalia
  • Front Office
  • Security
  • Departement Lain
  • Masyarakat Sekitar
On Going Crisis
  • Segera mengidentifikasi sumber/penyebab krisis
  • Menentukan skala dan metode penanganan krisis
  • Melaporkan kondisi aktual kepada jajaran pimpinan dan meminta rekomendasi tugas/tanggung jawab
  • Menunjuk spokesperson untuk membantu penanganan krisis
  • Memblokade area krisis sekecil mungkin
  • Menghubungi media terkait untuk meredam berita
  • Mencatat kerugian/kerusakan
  • Mengamankan asset paling berharga/rahasia
  • Mengadakan Press Conference / Release
  • Mengalokasikan anggaran penanganan krisis melalui pihak terkait
  • PR
  • Manajemen
  • (Direksi–Komisaris)
  • HRD/Personalia
  • Front Office
  • Security
  • Departement Lain
  • Masyarakat Sekitar
  • Media
  • Kepolisian
  • Ambulans / RS
Post-Crisis
  • Melakukan klarifikasi secara internal maksimal H+3
  • Melakukan Press Release atau Press Conference maksimal H+7
  • Menyiapkan penerbitan in house magazine, bilamana perlu edisi spesial
  • Menyusun laporan penanganan krisis secara kronologis lengkap dengan dokumentasi yang mendukung.
  • Mengevaluasi penanganan krisis dengan POP Management.
  • PR
  • Manajemen
  • (Direksi–Komisaris)
  • HRD/Personalia
  • Front Office
  • Security
  • Departement Lain
  • Masyarakat Sekitar
  • Media
  • Kepolisian
Kategori:Artikel SDM Tag:
  1. aji
    Februari 3, 2010 pukul 3:04 am

    boleh tau neh refensi buku-nya atau text book aslinya ??

    • jttcugm
      Februari 3, 2010 pukul 4:38 am

      Mohon maaf saudara Aji, untuk sementara semua modul pelatihan dari kami hanya terbatas kami berikan kepada peserta pelatihan JTTC UGM. untuk versi E book kebetulan masih kami susun. terima kasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: