Beranda > Artikel SDM > Criticize Effectively: Bagaimana Mengkritik Karyawan Dengan Efektif

Criticize Effectively: Bagaimana Mengkritik Karyawan Dengan Efektif

Why this topic?

  • Pada akhir pelatihan, peserta memiliki 16 (enam belas) teknik cara mengoreksi kesalahan dengan efektif
  • Pada akhir pelatihan, peserta dapat bertukar informasi dengan peserta lain untuk mendapatkan tips-tips  mengoreksi kesalahan dengan efektif

Keuntungan bila dapat mengkritik dengan benar:

  • Team member melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik, tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali berturut-turut
  • Team member anda akan bekerja dengan penuh inisiatif, kreatifitas dan semangat
  • Disiplin dan moril individu / kelompok semakin baik
  • Team member akan sepenuhnya menghormati dan mempercayai anda – dukungan sepenuh hati, mempercayai penilaian kita, menerima kepemimpinan kita.

16 teknik mengkritik dengan benar

  1. Secara tidak langsung meminta orang memperhatikan kekeliruannya
  2. Terlebih dahulu mencari fakta-fakta yang berkaitan dengan kasusnya
  3. Tentukan perlu tidaknya bimbingan formal
  4. Jika “ya” tentukan waktu dan Tempat yang Tepat.
  5. Jangan sekali-kali lepas kendali ketika membina seorang karyawan.
  6. Awali acara pembinaan dengan pujian.
  7. Beberkan kesalahan sendiri agar orang itu tidak gelisah menghadapi anda.
  8. Berikan padanya kesempatan untuk menceritakan alasannya sendiri.
  9. Pertimbangkan semua bukti dan fakta dengan cermat
  10. Bahaslah satu kesalahan per pertemuan
  11. Usahakan konkrit mengenai cara mengoreksi kesalahan
  12. Sesuaikan hukum dengan pelanggaran.
  13. Tutup acara pembinaan dengan suasana yang menyenangkan
  14. Doronglah karyawan agar senantiasa meningkatkan diri sendiri
  15. Beri karyawan anda reputasi yang harus ia pertahankan
  16. Bila perlu ikuti dengan tindak lanjut.

References:
Van Fleet, James ; The Key to Success with People ; Prentice Hall; 1984
Patcher, Barbara ; The Power of Positive Confrontation ; Magna Publishing Ltd ; 2001
Giblin, Less ; Skill with People ; Gramedia 2004

Disampaikan oleh : Rizki Hoviani, S.Pd (Assessor SKKNI)
Pada Pelatihan Berhubungan Dengan Karyawan Bermasalah Di Tempat Kerja
Jogja Tourism Training Center UGM

Kategori:Artikel SDM Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: