Beranda > Artikel SDM > Kebutuhan Pengembangan Life-Skills dan Tourism Practical Competency Untuk Siswa SMA

Kebutuhan Pengembangan Life-Skills dan Tourism Practical Competency Untuk Siswa SMA

Setiap tahun Indonesia menghasilkan sebanyak 1.590.768 lulusan SMU. Menurut data yang dirilis dari http://www.depdiknas.go.id pada tahun ajaran 3003/2004 menyebutkan bahwa dari sekian banyak jumlah tersebut hanya beberapa persen yang dapat terserap ke lapangan kerja.Menurut data hasil poling yang dilansir dari http://www.smu-net.com per 15 Juni 2006 dengan 4351 responden,  3159 siswa atau 73% menyatakan akan melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus. Sedangkan 259 atau 7% siswa akan melanjutkan ke politeknik, dan 4% atau 176 siswa akan mengambil kursus. Sedangkan sisanya sebanyak 721 atau 17 persen menyatakan akan bekerja.

Hasil Survei

Hasil Survei

Dari polling diatas dapat dilihat bahwa siswa SMU yang berminat langsung terjun ke dunia kerja menempati urutan kedua. Untuk terjun kedunia kerja calon lulusan SMU dituntut untuk mempunyai keterampilan yang bisa diandalkan nantinnya terutama untuk bersaing dengan lulusan SMK yang mempunnyai dasar keterampilan. Hal tersebut sebenarnya dapat dipersiapkan dengan kemampuan life skill, salah satunnya keterampilan berusaha dibidang pariwisata. Kecakapan hidup atau life skill yaitu kemampuan dan keberanian untuk menghadapi problema kehidupan, kemudian secara proaktif dan kreatif, mencari dan menemukan solusi untuk mengatasinya.

Pengertian kecakapan hidup lebih luas dari keterampilan vokasional atau keterampilan untuk bekerja. Orang yang tidak bekerja, misalnya ibu rumah tangga atau orang yang sudah pensiun, tetap memerlukan kecakapan hidup. Seperti halnya orang yang bekerja, mereka juga menghadapi berbagai masalah yang harus dipecahkan. Orang yang sedang menempuh pendidikan pun memerlukan kecakapan hidup, karena mereka tentu juga memiliki permasalahannya sendiri. Bukankah dalam hidup ini, di manapun dan kapanpun, orang selalu menemui masalah yang memerlukan pemecahan?

Artikel: Copyright JTTC UGM 2009

Kategori:Artikel SDM Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: