Beranda > Artikel Pariwisata > Pengelolaan Media Promosi Pariwisata Berbasis Web

Pengelolaan Media Promosi Pariwisata Berbasis Web

Industri kepariwisataan nasional diprediksi dalam beberapa tahun ke depan akan mengalami peningkatan. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor pendukung yang semakin banyak. Perkembangan jaman pada saat ini semakin memberikan berbagai kemudahan, hal ini bisa dilihat dalam bidang transportasi. Saat ini alat transportasi semakin mudah didapat oleh setiap wisatawan yang akan bepergian dari suatu lokasi menuju tempat wisata yang ditujunya. Jalur-jalur penerbangan baru semakin banyak dibuka oleh maskapai-maskapai penerbangan dari dalam maupun luar negeri. Lokasi jauh semakin mudah dijangkau waktu yang lama menjadi semakin singkat sehingga para wisatawan menjadi semakin mudah jika akan bepergian ke suatu tempat wisata tertentu.Selain transportasi, faktor akomodasi juga memberi kontribusi pada peningkatan prospek kepariwisataan. Di berbagai tempat wisata sekarang terdapat banyak fasilitas yang mendukung dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan. Hal ini tentu saja akan semakin menggembirakan karena pariwisata pada dasarnya merupakan sebuah industri jasa pelayanan. Sehingga semakin banyak fasilitas yang tersedia dan semakin memuaskan pelayanan sebuah objek wisata semakin meningkat pula kepuasan wisatawan yang mengunjunginya.

Akan tetapi, berbagai faktor pendukung tersebut tidak akan maksimal tanpa adanya kegiatan promosi yang mendukung. Karena seperti halnya produk jasa lainnya pariwisata juga sangat tergantung dengan promosi yang dilakukannya. Sebuah produk tanpa promosi akan sulit di respon oleh pasar. Padahal sekarang terdapat banyak media promosi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku pariwisata untuk mempromosikan produknya. Media-media seperti brosur, leaflet, maupun surat kabar sebenarnya merupakan media promosi yang potensial untuk mendukung promosi kepariwisataan. Selain media dalam bentuk cetak, media elektronik juga semakin banyak terdapat di setiap daerah.

Di sisi lain media-media tersebut mempunyai beberapa keterbatasan teknis, seperti media cetak akan sangat terbatas dalam cakupan wilayah yang dijangkaunya. Selain keterbatasan tersebut media massa cetak terkesan kurang interaktif dalam berhubungan dengan pembacanya.

Teknologi semakin cepat berkembang seperti sekarang, teknologi internet merambah ke berbagai penjuru. Hampir dapat dipastikan setiap instansi perkantoran mempunyai fasilitas internet untuk kegiatan sehari-hari. Selain lingkungan perkantoran, lingkungan perumahan juga sudah semakin banyak yang memiliki sambungan internet. Kemajuan teknologi telekomunikasi, terutama internet mampu membuat revolusi tersendiri dalam menciptakan relasi antar instansi dan individu.

Saat ini pertukaran data menjadi semakin mudah dan bertambah cepat sehingga informasi semakin cepat tersebar dan segera sampai ke tempat orang yang membutuhkan. Semua kemudahan ini tercipta berkat jaringan internet yang semakin canggih. Dengan perkembangan ini, pelaku pariwisata tampaknya harus segera merespon dengan mengembangkan promosi kepariwisataan dengan menggunakan internet/web. Sehingga wisatawan potensial yang berada di luar negeri dapat mengakses dan melihat promosi objek wisata yang ditawarkan.

Artikel: Copyright JTTC UGM 2009

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: