Beranda > Artikel SDM > Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Komunikasi Interpersonal

Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal merupakan salah satu dari beberapa bentuk kegiatan komunikasi yang ada dalam organisasi. Poin komunikasi disini terletak pada kemampuan komunikasi  antar individu untuk kemajuan organisasi dan menghilangkan hambatan-hambatan yang ada. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal adalah; Trust atau kepercayaan, perilaku sportif dan sikap yang terbuka.  Di dalam sebuah organisasiatau perusahaan kebutuhan komunikasi menduduki peringkat tertinggi sebagai kebutuhan utama. Dari hasil survei yang dilakukan JTTC di beberapa instansi perusahaan ditengarai bahwa tidak berjalannya organisasi diakibatkan oleh terputusnya hubungan komunikasi. Dari 20 responden  6 orang atau sekitar  30 % mengatakan bahwa aspek komunikasi menduduki peringkat pertama  dalam kesulitan organisasi sedangkan 27 % aspek kepemimpinan, 18 % kemampuan tim sedangkan 10 %  menyatakan aspek lain-lain.

Sedangkan mengenai hambatan dalam berkomunikasi 40% atau sekitar 8 orang menyatakan hambatan komunikasi terbesar pada saat berkomunikasi dengan atasan.  7 orang atau sekitar 35% hambatan terbesar ketika berkomunikasi dengan rekan sejawat. Sedangkan sekitar 5 orang atau 25% menyatakan bahwa kesulitan terbesar ketika berkomunikasi dengan bawahan.
Menjadikan komunikasi antar individu sebagai salah satu budaya organisasi akan mendorong suatu organisasi untuk tetap eksis dan bergerak sebagai satu kesatuan yang utuh.  Secara rinci proses komunikasi interpersonal ini meliputi interaksi antara satu individu dengan individu lainnya baik dalam bentuk verbal maupun non verbal.

Hasil Survei

Hasil Survei

Agar komunikasi interpersonal yang dilakukan menghasilkan hubungan interpersonal yang efektif dan kerja sama bisa ditingkatkan, kita perlu bersikap terbuka dan menggantikan sikap dogmatis. Selain itu, kita perlu juga memiliki sikap percaya, sikap mendukung, dan terbuka yang mendorong timbulnya sikap saling memahami, menghargai dan saling mengembangkan kualitas. Hubungan interpersonal perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan dengan memperbaiki hubungan dan kerjasama antara berbagai pihak.

Artikel: JTTC UGM

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: