Beranda > Artikel Pariwisata > Strategi Pemasaran Museum

Strategi Pemasaran Museum

Museum merupakan bagian dari objek dan daya tarik wisata dan sangat potensial untuk dikembangkan. Keberadaan museum dengan berbagai macam koleksinya merupakan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Museum menurut definisi ICOM adalah suatu lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat, terbuka untuk umum, yang mengumpulkan, merawat, meneliti, mengkomunikasikan, dan memamerkan benda-benda bukti material manusia dan lingkungannya untuk tujuan studi, pendidikan, dan pariwisata. Oleh karena itu, museum bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif di masa depan. Mengacu pada definisi museum tersebut, fungsi museum terbagi menjadi fungsi sosial dan fungsi komersial. Fungsi sosial museum meliputi pendidikan, konservasi dan pelayanan yang diberikan kepada pengunjung. Adapun fungsi komersial museum diantaranya mengumpulkan sumber daya sebagai bahan pengembangan museum. Dari sisi komersialpun museum merupakan lembaga nirlaba yang bukan berarti koleksi yang dimiliki tidaklah menarik. Pengelola museum dituntut untuk dapat  merawat, meneliti serta memamerkan koleksi dengan kemasan yang menarik walaupun dengan dana pengelolaan yang terbatas. Selain itu, dengan jumlah atau tingkat kunjungan wisatawan yang banyak tentunya akan meningkatkan citra museum sebagai  objek dan atraksi wisata alternatif. Terdapat dua jenis pengunjung museum, yang pertama yaitu para kolektor, seniman, para perancang, ilmuwan, dan mahasiswa, yang karena latar belakang sosialnya seakan-akan ada hubungan tertentu dengan koleksi museum, dan bahwa kunjungan mereka ke museum itu sudah direncanakan semula dengan motivasi yang jelas.

Jenis pengunjung museum yang kedua, yaitu mereka yang biasanya datang ke museum tanpa tujuan tertentu. Jika suatu ketika mengunjungi museum dengan iseng atau prakarsa spontan, mereka kembali pasif, tidak punya motivasi yang kuat untuk tetap menjadi “langganan” museum. Pada tahun 2007 jumlah wisatawan yang berkunjung ke museum sebanyak 3.136.251, dengan jumlah kunjungan tertinggi di Museum Listrik dan Energi Baru yang berada di Taman Mini Indonesia Indah sejumlah 427.114 dan jumlah kunjungan terendah di Museum Garuda Sriwijaya sejumlah 105 wisatawan . Artinya masih perlu diperlukan metode pemasaran yang tepat dan kerja keras antar stakeholder ataupun pengelola museum.

Sebagai salah satu upaya peningkatan jumlah kunjungan museum adalah melalui strategi pemasaran yang tepat dan inovatif.  Menurut Prof. Dr. Salah Wahab (1997: 27) Pemasaran pariwisata adalah “suatu proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi pariwisata nasional atau perusahaan-perusahaan kelompok industri pariwisata untuk melakukan identifikasi terhadap wisatawan yang sudah memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan wisata. Selain itu juga dikenakan pada wisatawan yang mempunyai potensi akan melakukan perjalanan wisata. Proses identifikasi tersebut dilakukan dengan jalan menjalin komunikasi mempengaruhi keinginan, kebutuhan, dan memotivasinya, terhadap apa yang disukai dan tidak disukai oleh wisatawan, pada tingkat daerah-daerah lokal, regional, nasional mapun internasional dengan menyediakan obyek dan atraksi wisata agar wisatawan memperoleh kepuasan optimal”. Sementara  itu, menurut J. Krippendorf (dalam Yoeti, Oka A, 2002 : 1) pemasaran pariwisata diartikan suatu sistem dan koordinasi yang harus dilakukan sebagai kebijaksanaan bagi perusahaan-perusahaan kelompok industri pariwisata, baik milik swasta maupun pemerintah, dalam ruang lingkup lokal, regional, nasional, atau internasional untuk mencapai kepuasan wisatawan dengan memperoleh keuntungan yang wajar.

Referensi Data: http://www.budpar.go.id
Artikel: Copyright JTTC UGM 2009

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: