Beranda > Artikel Pariwisata > Pengetahuan Umum Kepariwisataan

Pengetahuan Umum Kepariwisataan

1. Cakupan Pengertian

Kepariwisataan: Adalah Segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata.

Pariwisata: Adalah Segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk di dalamnya pengusahaan objek dan daya tarik wisata, usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut.
Wisata: Adalah Kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati objek dan daya tarik wisata.

UU. Kepar.RI.No.9 Tahun 1990

2. Kepariwisataan
Dapat dilukiskan sebagai tindakan bepergian seseorang atau sekelompok orang dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan maksud/ tujuan yang melingkupinya.

Akibat dari tindakan ini akan menimbulkan adanya :

  • Interaksi
  • Hubungan
  • Saling pengertian antar insan
  • Perasaan
  • Persepsi
  • Tekanan
  • Dsb.

3. Potential Tourism and Actual One
Seseorang atau sekelompok orang yang sehat, berkemampuan diatas cukup, mempunyai waktu dan kesempatan sangatlah potensial untuk melakukan melakukan perjalanan wisata.

Potential Tourist = Calon Wisatawan.
The actual One = Wisatawan

5. Atraksi, Akses, Amenitas

Kapan Pariwisata terjadi ?
Yaitu ketika ada Atraksi, Akses, Amenitas.

  • Atraksi        : Potensi Daya Tarik
  • Akses        : Potensi Kemudahan
  • Amenitas        : Potensi Fasilitas Pendukung

6. Motivasi/ tujuan Orang Melakukan Perjalanan/ wisata

Physical Motivation…
Cultural Motivation…
Interpersonal Motivation…
Status dan Prestige Motivation…

7. Produk Riil dan Produk Wisata

Produk Riil dan Produk Wisata

Produk Riil dan Produk Wisata

8. Industri Pariwisata
Merupakan Kegiatan usaha yang mengolah barang dan jasa bagi wisatawan Pendekatan lama secara klasik dalam pemecahan masalah kepariwisataan dengan menggunakan strategi sehari-hari sudah tidak lagi memadai dalam menghadapi pertumbuhan dan perubahan yang begitu cepat dalam industri pariwisata.

9. Bentuk/ jenis Kegiatan Wisata
Menurut jumlah orangnya

  • Wisata individu (F.I.T)
  • Wisata rombongan (G.I.T)

Menurut maksud/ tujuan

  • Wisata rekreasi, santai, budaya, pulih sehat, olah raga,    konvensi, Dll.

Menurut letak geografis

  • Wisata domestik
  • Internasional
  • Wisata regional

Menurut umur

  • Wisata anak-anak, remaja, dewasa, lanjut usia.

Menurut tingkat harga, status sosial

  • Wisata deluxe
  • Wisata medium
  • Wisata budget
Salah Wahab – Tourism Management


10. Trend Pariwisata

Adalah kecenderungan pariwisata
Seiring dengan era kesejagadan yang sidah menggeliat ini, seiring dengan itu pula telah terjadi perkembangan atau perubahan “Trend” pariwisata yang yang lebih cenderung ke wisata “non mass tourism”. Berwisata secara individu dan memilih “destinasi dan aktivitas” lebih diminati

Industri pariwisata harus menyesuaikan diri !
Hadirnya “wisata minat khusus” harus ditindak lanjuti dengan kesiapan/ persiapan kita yang memadai, menunjang, tepat, terarah :

  • Pengadaan informasi
  • Pengadaaan fasilitas
  • SDM handal
  • Promosi/ pemasaran


Wisata minat khusus = memfasilitasi pemilik minat

11. Dampak Kegiatan Pariwisata

Dampak Positive (manfaat)

  • Manfaat ekonomi (kesejahteraan)
  • Manfaat sosial-budaya (mengurangi konflik sosial)
  • Manfaat berbangsa dan bernegara (mempererat persatuan dan kesatuan)
  • Manfaat bagi lingkungan (“Aspek Sustainable”)

Dampak Negatif (Mudarat)

  • Harga barang dan jasa naik
  • Mengikuti pola hidup wisatawan
  • “Aji Mumpung” (wisatawan diperas)
  • Perusakan lingkungan


12. SAPTA PESONA PARIWISATA

  1. INDAH
  2. AMAN
  3. TERTIB
  4. BERSIH
  5. SEJUK
  6. RAMAH,dan
  7. KESENANGAN


13. Kesadaran “Masyarakat” akan Potensi Wisata

Adanya kesadaran masyarakat akan potensi wisata (yang dimiliki) dapat menumbuhkan apresiasi atau sikap menghargai potensi dimaksud. Bagaimana mungkin dapat dilakukan pengelolaan/ pengembangan potensi itu untuk pariwisata tanpa ada kesadaran yang memadai. Kesadaran mesyarakat akan potensi wisata dapat ditunjukan oleh “kualitas” pengamalan sapta pesona pariwisata.

Proses Perjalanan Wisata

Proses Perjalanan Wisata

Proses Perjalanan Wisata

Disampaikan Oleh : G. Djoko Purwanggono (Trainer JTTC UGM)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: