Beranda > Rubrik Pesona Wisata > Prospek Geowisata

Prospek Geowisata

Saya dan rekan-rekan saat ini tergabung dalam sebuah komunitas usaha.. Kami memiliki ketertarikan untuk bergerak di beberapa bidang temasuk diantaranya pariwisata. Mengingat latar belakang kami yang belajar di bidang kebumian, juga kondisi wisata alam Yogya dan sekitarnya yang potensial, kami mempunyai sebuah konsep untuk menggabungkan unsur panorama alam dengan ilmu pengetahuan (yang berkaitan dengan aspek kebumian lokasi wisata yang dikunjungi, misal kondisi lahan, sejarah keterbentukan, dll) dalam sebuah one day tour ataupun sebagai paket liburan Geowisata. Dapat juga dengan pembentukan semacam guide program ataupun cukup dengan pemasangan informasi kebumian di lokasi-lokasi wisata tersebut.
Masalahnya, untuk saat ini kami masih cukup awam mengenai seluk beluk pariwisata, termasuk perijinan, pencarian investor, dsb. Juga mengingat saat ini komunitas kami belum berbadan hukum. Untuk itu kami ingin meminta pandangan dari JTTC mengenai konsep Geowisata tersebut. Apakah cukup berprospek dan memiliki potensi untuk dikembangkan ? Mohon masukan pula mengenai prosedur ataupun proses-proses yang dapat kami tempuh untuk permasalahan di atas.
Demikian, terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pengasuh Pesona Wisata.

P. Nurcahya,dkk – GeoFlintPro
Kemirikebo, Purwobinangun, Turi, Sleman (alamat komunitas usaha)
Perum Kanoman 116 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yk (alamat pribadi)

Saudara Nurcahya di Sleman, Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara kirim kepada kami. Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki lebih dari 18.000 pulau yang membentang di khatulistiwa yang diapit oleh Samudera Hindia dan Pasifik serta Benua Australia dan Benua Asia, hal ini  menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati sangat lengkap dan kaya akan sumberdaya alam. Secara geologis Indonesia juga berada pada posisi yang unik, pada pusat tumbukan Lempeng Tektonik Hindia Australia di bagian selatan, Lempeng Eurasia di bagian Utara dan Lempeng Pasifik di bagian Timur laut sehingga mengakibatkan Indonesia mempunyai tatanan tektonik yang komplek dari arah zona tumbukan yaitu Fore arc, Volcanic arc dan Back arc.

Saudara Nurcahya, Fore arc merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan zona tumbukan atau sering di sebut sebagai zona aktif akibat patahan yang biasa terdapat di darat maupun di laut. Pada daerah ini material batuan penyusun utama lingkungan ini juga sangat spesifik serta mengandung potensi sumberdaya alam dari bahan tambang yang cukup besar. Volcanic arc merupakan jalur pegunungan aktif di Indonesia yang memiliki topografi khas dengan sumberdaya alam yang khas juga. Back arc merupakan bagian paling belakang dari rangkaian busur tektonik yang relatif paling stabil dengan topografi yang hampir seragam berfungsi sebagai tempat sedimentasi. Semua daerah tersebut memiliki kekhasan dan keunikan yang jarang ditemui di daerah lain, baik keanegaragaman hayati maupun keanekaragaman geologinya.
Apalagi beberapa daerah di Indonesia memiliki bentang alam dengan kawasan menawarkan keindahan, keunikan, dan kelangkaan yang mempunyai nilai jual tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk sektor pariwisata. Kawasan-kawasan tersebut meliputi Kawasan kars Taman Nasional Gunung Leuser (Aceh), Bohorok (Sumut), Payakumbuh (Sumbar), Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sukabumi selatan (Jabar), Gombong selatan (Jateng), Gunung Sewu (DI Yogyakarta dan Jatim), Pacitan-Trenggalek (Jatim), Malang selatan, dan Blambangan (Jatim), semuanya menyuguhkan beragam jenis dan dimensi unsur-unsur bentang alam serta fenomena kars lainnya yang menawan.
Di Yogyakarta sendiri daerah Gunung Kidul sudah mulai dikembangkan kearah geowisata. Selain itu, beberapa Goa di Gunungkidul juga memiliki potensi wisata sejarah. Kalau dilihat lebih jauh lagi geowisata lebih kearah diversifikasi produk perjalanan wisata dengan pengembangan kearah wisata minat khusus dan wisata petualangan yang berorientasi pada keindahan alam dan aspek-aspek lainnya termasuk sejarah.

Saudara Nurcahya, kami menyarankan kepada Saudara untuk dapat menggeluti kegiatan ini secara professional. Untuk menciptakan profesionalisme diperlukan sebuah kelembagaan yang memiliki badan hukum resmi yang nantinya diarahkan untuk menjadi sebuah Biro Perjalanan Wisata yang secara khusus menangani paket ini. Mengenai status badan hukum sebuah travel agent secara resmi telah diatur dalam peraturan daerah Kabupaten Sleman sehingga untuk lebih baiknya Saudara berkonsultasi ke kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman di nomor telepon 0274-869613.  Mengacu dari beberapa hal diatas, menurut hemat kami kegiatan geowisata memiliki prospek yang cukup baik dibandingkan dengan kegiatan wisata konvesional atau minat khusus lainnya meskipun pasar yang nantinya Saudara akan garap adalah pasar celah (niche) dimana jumlah orang yang bermain di pasar ini sangatlah sedikit dengan segmen pasar yang terbatas pula tetapi kami yakin usaha yang akan Saudara kembangkan akan berhasil.

Beberapa hal yang harus Saudara pertimbangkan dalam menyusun sebuah paket wisata diantaranya (1) Budget berhubungan dengan sejauh mana kemampuan konsumen atau calon konsumen untuk memenuhi anggaran atau biaya yang ditetapkan oleh sebuah BPW termasuk seberapa besar yang akan mereka akan habiskan termasuk kesesuaian dengan yang diharapkannya (2) Service yang akan didapatkannya. Harapan setiap konsumen atau calon konsumen adalah kesesuaian antara anggaran yang dikeluarkan dengan service yang nantinya didapatkan (3) Hambatan waktu (time constraints), penyusunan waktu tour (1 atau 2 hari atau bahkan lebih) tergantung sejauh mana kebutuhan sebuah paket tour dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen. Apalagi paket wisata yang akan saudara kembangkan merupakan paket wisata minat khusus yang nantinya wisatawan diharapkan tidak hanya sekedar melakukan sight seeing saja atau sekedar jalan-jalan saja (4) Practically, seberapa praktis dalam hal pembiayaan, waktu dan kecocokan dengan konsumen.(Hairullah Gazali/JTTC/Dari berbagai Sumber)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: