Beranda > Artikel Pariwisata, Artikel SDM > PROSPEK BISNIS JASA BOGA

PROSPEK BISNIS JASA BOGA

Oleh : Ir. Sumartoyo

Menjalankan suatu kegiatan usaha yang lancar berkesinambungan dan terus berkembang merupakan keinginan semua pelaku bisnis, namun untuk bisa mencapai impian tersebut tentu membutuhkan ketekunan serta keseriusan dalam pengelolaannya karena masing jenis kegiatan usaha mempunyai karteristik tersendiri. Demikian pula halnya dibidang usaha Jasa Boga dimana pada era tahun 2004 terjadi booming munculnya pelaku-pelaku baru dibidang usaha jasa boga, baik itu usaha Catering, Bakery maupun aneka macam Restoran. Membuka dan menjalankan usaha Jasa Boga banyak dilihat orang adalah suatu usaha yang mudah karena adanya anggapan bahwa setiap manusia hidup butuh makan sehingga konsumen yang butuh makan tidak pernah habis dan bahkan  terus bertambah dari tahun ketahun, dan bisa dikatakan bahwa konsumen jasa boga belum juga mengalami titik jenuh. Namun demikian fakta dilapangan menunjukkan tidak semua pelaku bisnis Jasa boga dapat berkembang dengan baik, bahkan ada yang layu sebelum bisa memetik hasilnya.
Usaha Jasa boga bukan sekedar hanya berbekal  bisa memasak atau menghasilkan satu – dua jenis masakan kemudian bisa menjual / membuka usaha dibidang jasa boga, untuk bisa tumbuh, berkembang dan lestari tentu diperlukan managemen sebagaimana layaknya kegiatan usaha lainnya.
Namun bagi para pelaku bisnis yang baru akan terjun dibidang usaha jasa boga tidak perlu takut apabila kita sudah yakin dan siap untuk menekuni bisnis yang menjadi pilihannya.

Untuk dapat hidup, berkembang, dan bertahan dalam jangka waktu yang lama didalam bisnis Catering ada Aspek yang perlu diperhatikan, antara lain yaitu :
1. Aspek Legal
2. Aspek Sumber Daya Manusia
3. Aspek Produksi
4. Aspek Finansial
Dari keempat aspek tersebut masing-masing memiliki karateistik tersendiri bila dibandingkan dengan kegiatan usaha yang lainya. Walaupun secara umum dalam dunia bisnis ke empat aspek tersebut juga dijumpai di kegiatan bisnis apapun.

  1. Juli 30, 2009 pukul 4:45 am

    Segala bisnis apapun asal kita tekuni dengan serius dan fokus akan berbuah manis….

  2. dini sintya
    Januari 24, 2010 pukul 11:03 am

    mohon info lembaga/Akademi yang bisa memfasilitasi rekruting juru masak khususnya sheff dan koki berpengalaman. Trims

  3. amos
    Februari 21, 2010 pukul 9:40 am

    ada bayangan penghambat, kalau tidak laku sehari harus di buang. kan rugi ….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: