Beranda > Artikel Pariwisata, Wisata Jogja > Desa Wisata Kebonagung dan Wisata Tirta Bendung Tegal

Desa Wisata Kebonagung dan Wisata Tirta Bendung Tegal

Jenuh dengan Aktivitas dan Kesibukan monoton khas Perkotaan, ada salah satu solusi yang ditawarkan khas di daerah Bantul yaitu Desa wisata Kebon Agung.Terletak di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY. Desa ini menawarkan suasana kehidupan petani beserta potensi seni, budaya, dan adat istiadat masyarakat Jawa kepada wisatawan.
“Di desa wisata Kebon Agung, wisatawan yang berkunjung dan menginap akan dikenalkan dengan kehidupan masyarakat yang sebagian besar petani. Wisatawan yang ingin mengetahui kehidupan masyarakat atau petani memang harus hidup bersama di rumah warga karena dari tempat itu wisatawan bisa belajar berbagai hal, seperti bercocok tanam, membajak sawah, dan menumbuk padi.

Desa wisata ini memang menjual tradisi pertanian serta adat istiadat sehingga para wisatawan dapat ikut merasakan bagaimana menanam padi, membajak sawah, memasak makanan tradisional, melihat acara pernikahan, dan menikmati bendungan di aliran Sungai Opak. Wisatawan juga bisa belajar membatik, menabuh gamelan atau karawitan, dan pada malam harinya bisa menonton berbagai pertunjukan seni tradisional yang dimainkan warga desa.

Desa Wisata Kebonagung

Desa Wisata Kebonagung (JTTC UGM Doc.)

Di Objek tersebut kita akan disuguhi suasana kehidupan desa sejak pagi hingga malam hari, dan diharapkan wisatawan bisa merasa puas karena menikmati kehidupan yang belum pernah mereka alami. Hampir setiap warga desa terlibat menyediakan kamar untuk menginap para wisatawan yang jumlahnya 150 rumah, bahkan setiap rumah menyediakan dua hingga tiga kamar tidur untuk disewakan kepada wisatawan dan jika wisatawan ingin bersepeda berkeliling desa, di situ warga juga menyediakan fasilitas persewaan sepeda.

Desa Kebon Agung yang jaraknya 17 kilometer arah selatan Kota Yogyakarta juga memiliki bendungan di pinggir desa yang bernama Bendung Tegal. Bendung Tegal adalah Bendungan yang membendung Kali Opak, berfungsi sebagai sarana irigrasi sawah di sekitarnya. Lokasinya.kalau yang di sebelah barat sungai adalah wilayah Desa Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, kemudian yang di sebelah timur sungai adalah dusun Tegal, Desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul juga. Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati pemandangan sekaligus berwisata air dengan menggunakan perahu naga.Berita terakhir bahwa event yang telah dilaksanakan di objek wisata Bendung Tegal ini adala Lomba Perahu Naga tingkat Nasional yang diadakan Oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. upaya ini ternyata ikut mendorong meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan di Yogyakarta umumnya dan Bantul secara keseluruhan khusus. Diharapkan event-event seperti disebut diatas lebih sering diadakan sehingga dampak positif kegiatan pariwisata dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Bendung Tegal

Wisata Tirta Bendung Tegal (JTTC UGM Doc.)

Perahu Naga

Wisata Tirta Perahu Naga (JTTC UGM Doc.)

  1. pio
    Maret 24, 2010 pukul 12:32 pm

    bisa di info secepatnya berapa costnya ?
    tq.

  2. jttcugm
    Maret 25, 2010 pukul 2:21 am

    @ Pio : jika Saudara pio ingin info harga paket atau hal lain silahkan menghubungi no. berikut : 02747865311 atas nama Kristya Bintara. Beliau adalah salah satu pengelola Desa Wisata Kebonagung. Terima Kasih.

  3. Triy / Kotrex
    April 29, 2010 pukul 9:38 am

    Sebenarnya bendung tegal bisa dikembangkan lebih bagus lagi, sayang banyak warga yg krg mnyadari, atau krg mau belajar dari t4 wisata lain. saya terlahir ditegal kebonagung imogiri, putra Sesepuh Tegal mantan RW n RT. saya tinggal dibekasi, kalo POKDARWIS mau sharing utk pengembangan wisata insya Allah saya siap.

  4. David
    Juni 3, 2011 pukul 9:13 am

    Alamat bendung tegal dimana ya. Kalau dari jl parang tritis pojok beteng wetan gimana rutenya. Trimakasih

    • jttcugm
      Juni 6, 2011 pukul 2:24 am

      Saudara David sudah tahu terminal Giwangan?!! dari perempatan selatan terminal Giwangan tersebut lurus keselatan terus saja. nanti sudah ada papan penunjuka arah desa wisata Kebonagung.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: