Beranda > Wisata Jogja > Batik Kayu Krebet

Batik Kayu Krebet

Terletak di Pegunungan tandus Kurang lebih 20 KM barat daya kota Yogyakarta, tepatnya di dusun Krebet, desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul kita akan menemukan sebuah sentra produksi batik,Desa ini berdekatan dengan lokasi objek wisata Goa Selarong. lazimnya batik ditorehkan diatas kain, namun di desa Krebet initelah mengembangkan batik dengan media kayu. Berbagai produk kerajinan batik kayu yang unik seperti topeng,tempat perhiasan, macam-macam patung binatang (jerapah, kucing, musang dan angsa), sandal, wayang orang kayu, wayang klitikan, dan lain sebagainya.Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah belajar membatik dengan media kayu. Membatik dengan media kayu tentu akan memberikan sensasi yang berbeda.

Proses membatik dengan media ini tentu akan lebih membutuhkan ketelitian sebab polanya secara otomatis dibuat manual, tidak dicetak seperti ketika membatik dengan media kain. Sensasi lain, motif yang dipelajari selama belajar membuat wayang batik di dusun ini adalah motif klasik Kraton, seperti parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidomukti, sidorahayu dan puluhan motif lain. Karena motif itulah, kerajinan batik di dusun ini terkenal dan diminati di pasar mancanegara.Di desa wisata ini wisatawan juga bisa tinggal di homestay yang jauh dari hiruk-pikuk kota dan menyaksikan kehidupan keseharian yang sengaja di sediakan untuk wisatawan yang ingin menginap dan merasakan atmosfir pedesaan, di desa ini juga menawarkan berbagai jenis souvenir yang keseluruhan terbuat dari kayu yang telah di batik. Harganya mulai 2 ribu – 300 ribu, tergantung pesanan dan bahannya. Contohnya,topeng, harganya berkisar 2 ribu – 30 ribu (tergantung besar kecilnya barang). Untuk souvenir pernikahan, harga persatuannya Rp 2.000-2.500. Souvenir berbentuk,gantungan kunci, kaca/pengilon dan pembatas buku.

Belajar Membatik dengan Media Kayu

Belajar Membatik dengan Media Kayu

Belajar Membatik dengan Media Kayu

Belajar Membatik dengan Media Kayu

Kategori:Wisata Jogja
  1. widi
    Februari 12, 2010 pukul 5:41 am

    wah… luar biasa negeri kita ini,beragam budaya kita miliki salah satunya seni membatik di atas kayu,..pokoknya hrs kita lestarikan terus meskipun kemajuan jaman tak bisa kita batasi dan hindari ,terlebih di era teknologi yang terus menerus berkembang sesuai tuntutan jaman…YES BRAVO BATIK INDONESIA…..!!!

    • jttcugm
      Februari 13, 2010 pukul 2:56 am

      Yo Mestiiiiii..!!!!!!.. ^_^…!!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: