Beranda > Artikel SDM > Kenali Strength dan Weakness dari Usaha anda sebelum membangun merek bisnis

Kenali Strength dan Weakness dari Usaha anda sebelum membangun merek bisnis

Langkah awal yang harus kita ingat bila ingin meraih kesuksesan dalam berbisnis adalah kita harus mengenali kekuatan (strength) serta kelemahan (weakness) dari usaha kita. Walaupun kelihatannya sederhana, namun banyak pelaku bisnis pemula yang menemui kesulitan dalam menghadapi ketatnya persaingan karena kita gagal merumuskan kekuatan dan kelemahan dari usahanya.

Sebagai contoh ilustrasi, seorang teman berniat membangun bisnis penerbitan buku kecil-kecilan. Bermodal ruko peninggalan orang tua yang kebetulan lokasinya di pinggir jalan raya, maka mulailah ia membuka usaha tersebut. Dengan penuh rasa optimis, si teman berkeyakinan bisnisnya ini akan tumbuh pesat dikarenakan lokasi yang strategis. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap optimisme yang dimiliki teman ini, bernarkah lokasi yang strategis merupakan salah satu keunggulan (strength) dalam bisnis penerbitan buku?? Pantaskah bila kita menyandarkan diri pada keunggulan lokasi bila ternyata kita tahu bahwa perkembangan bisnis penerbitan buku itu lebih mengandalkan pada luasnya jaringan penulis dan jaringan distributor yang kita miliki??

Alangkah baiknya bila si teman tadi berfokus pada kemampuannya membangun jaringan penulis dan distributor. Dalam kasus ini, lokasi atau tempat tidaklah menjadi faktor yang signifikan dalam perkembangan bisnis penerbitan buku. Lain halnya bila si teman tadi memilih membuka sebuah bisnis toko buku yang memang membutuhkan lokasi yang strategis.

Jadi apa sebenarnya strength dan weakness?? Kekuatan atau strength adalah kelebihan yang dimiliki oleh sebuah bisnis atau usaha kita, yang dengan kelebihan itu dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan bisnis atau usaha kita itu sendiri. Sedangkan kelemahan atau weakness adalah kekurangan yang dimiliki oleh bisnis atau usaha kita, yang dengan kekurangan itu berpotensi untuk menghambat perkembangan bisnis atau usaha kita di masa depan.

Sebelum memulai merancang strategi dalam pembangunan merek, penting bagi kita untuk mengenali strength dan weakness bisnis kita. Mengapa?? Karena dengan mengetahui keduanya, kita akan dapat memprediksi seberapa besar peluang kita dalam mengembangkan merek bisnis kita. Kita juga dapat menentukan kelebihan apa yang hendak kita tawarkan dan akan dijadikan “senjata utama” dalam memperkenalkan nama merek kita kepada khalayak. Pada sisi yang lain, dengan mengetahui kelemahan-kelemahan yang kita miliki, kita dapat mempersiapkan langkah-langkah antisipatif untuk menutupi kelemahan itu. Pada intinya dengan mengenali dan mengetahui strength dan weakness bisnis, kita telah mempersempit ruang bagi kegagalan.

Sudahkah anda yang ingin memulai sebuah bisnis mengetahui dan mengenali kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) bisnis yang akan anda geluti??

Link : http://bisnisdanmarketing.blogspot.com/2009/08/kenali-strength-dan-weakness-dari-usaha.html

Kategori:Artikel SDM
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: