Beranda > Wisata Jogja > Kaliurang sebagai Puncaknya Jogja

Kaliurang sebagai Puncaknya Jogja

Berada di ujung utara Jogjakarta, Kaliurang adalah tempat peristirahatan di kaki Gunung Merapi. Dahulu Tempat wisata ini sebagai tempat peristirahatan Belanda pada masa penjajahan. Seiringnya perjalanan waktu, Kaliurang kemudian menjadi tempat peristirahatan masyarakat di Jogjakarta dan tentu saja wisatawan yang ingin menikmati sentuhan tempo dulu ala Meneer dan None Belanda.

Kaliurang
Kaliurang

Terletak sekitar 24 kilometer di sebelah utara kota Jogja, Kaliurang dapat menjadi tempat pelarian dari penatnya kehidupan kota. Berbagai villa dan tempat peristirahatan lain tersedia di daerah ini. Dengan Hawanya yang sejuk mampu mengembalikan kesegaran badan dan pikiran. Namun, tak jarang pula Kaliurang dijadikan lokasi untuk mengadakan rapat atau pertemuan penting. Selain tempat beristirahat, Kaliurang juga menyediakan tempat untuk berkemah dan jalur-jalur yang dapat dilalui untuk trekking terutama ke Gunung Merapi.

Pada waktu-waktu tertentu, acara-acara hiburan juga diadakan di Kaliurang, baik pagi hari ataupun malam hari. Mulai dari kesenian tradisional semacam Jatilan hingga rave party yang sedang marak. Di malam tahun baru, terkadang juga diadakan pesta kembang api dan panggung-panggung hiburan yang dapat menyedot pengunjung dari kota Jogja.

Villa-villa yang ditawarkan di Kaliurang memiliki berbagai macam variasi harga sewa mulai dari Rp 150.000,- per malam. Selain villa, ada pula motel-motel yang menyewakan per kamar dengan harga bervariasi. Sebagai pelengkap, tersedia pula restoran dan tempat makan yang menyediakan berbagai macam masakan, baik tradisional maupun internasional. Untuk makanan tradisional dari kawasan Kaliurang yang terkenal adalah Jadah Tempe dan yang paling terkenal adalah Jadah Mbah Carik. jadah adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan. Tempe dan tahu bacem akan menjadi pelengkap dari jadah, walaupun jadah cukup lezat untuk dimakan tanpa pelengkap.  Di kawasan Kaliurang ini juga terdapat 2 buah museum milik Pemerintah dan Swasta, Yaitu Museum Gunung Merapi yang Diresmikan pada awal tahun 2010 dan satu lagi Museum yang sangat terkenal yakni Ullen Sentalu yang dikelola oleh yayasan Ulating Blencong.

Akses menuju Kaliurang dapat ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh kurang lebih 45 Menit dari Kota Jogja. Retribusi yang ditarik pun masih wajar dan tidak terlalu mahal. Perjalanan ke Kaliurang pun tak akan mengecewakan walaupun Anda tak mempunyai banyak waktu untuk menikmatinya.

Dari Berbagai Sumber
Doc. Source : JTTC

Kategori:Wisata Jogja
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: