Beranda > Artikel Pariwisata > Sekjen WTO Puji Keberhasilan Pariwisata Indonesia

Sekjen WTO Puji Keberhasilan Pariwisata Indonesia

Wisata Indonesia
Wisata Indonesia

Berlin (ANTARA) – Sekjen Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourist Organization-WTO ) Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) Taleb Ibrahim memuji keberhasilan Indonesia dalam memajukan sektor pariwisata.
Pujian itu disampaikan Sekjen WTO usai mengadakan pertemuan dengan Menteri Pariwisata Indonesia Jero Wacik didampingi Dubes RI untuk Berlin Eddy Widodo di pavilion Indonesia dalam pameran pariwisata terbesar di dunia Messe Berlin, Kamis sore.

Taleb Ibrahim mengatakan, hubungan Indonesia dan WTO sangat dekat sekali selain itu ia juga kagum akan kesuksesan yang diraih Indonesia dalam dunia kepariwisataan.

Menurut Taleb Ibrahim, ia selalu menyampaikan dalam berbagai forum kesuksesan yang dicapai Indonesia selama ini yang dapat dijadikan contoh oleh negara lainnya.

Seperti halnya keberhasilan Indonesia dalam G20. Taleb Ibrahim juga memuji keberhasilan Indonesia masuk dalam G20.

Diakuinya posisi Indonesia di G20 merupakan posisi yang sangat strategis karena tidak semua negara yang bisa masuk dalam G20, karena itu merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia.

Dalam kesempatan itu Taleb Ibrahim dan Jero Wacik juga membahas tidak perlunya dibentuk lagi suatu lembaga kepariwisataan di G20 atau T20 , melainkan lebih baik membuat komunikasi yang informal antara menteri menteri pariwisata dalam G20.

Diakuinya berbagai kebijaksaan yang dilakukan Indonesia dalam upaya memajukan kepariwisataan sangat dihargainya yang memberikan dampak tidak saja kepada ekonomi tetapi juga kesejahteraan rakyat Indonesia. Saya akan selalu memberikan dukungan Indonesia, ujarnya.

Sementara itu Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan kunjungan Taleb Ibrahim merupakan suatu kunjungan kehormatan yang luar biasa dari seorang yang amat penting di dunia kepariwisataan, Sekjen PBB untuk Pariwisata (WTO) .

Dikatakannya bagi Indonesia dikunjungi oleh Sekjen WTO merupakan suatu kehormatan apalagi secara pribadi hubungan Menteri Jero Wacik dan Taleb Ibrahim sangat dekat begitupun dalam institusi.

Indonesia dan TWO selalu saling dukung mendukung, ujarnya dan itu diperlihatkan saat Indonesia mengalami musibah seperti saat terjadinya krisis seperti bom yang terjadi atau tsunami.

Menurut Menteri, Taleb Ibrahim selalu mengulurkan tangannya membantu mempromosikan Indonesia dan ia juga membantu menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia memang terjadi berbagai masalah namun sudah dapat diatasi dengan baik.

Ia sangat percaya kepada Indonesia dan juga kepada seluruh jajaran Kementerian Kekudayaan dan Pariwisata Indonesia, ujarnya.

Dalam pertemuan itu ia juga membahas kemungkinan Indonesia mendapat posisi di Organisasi Pariwisata Dunia tersebut, karena selama ini belum pernah ada orang Indonesia yang duduk dalam jajaran organisasi PBB dibidang pariwisata tersebut.

Menurut Menteri Jero Wacik, ia berharap tahun ini paling tidak ada satu atau dua orang Indonesia yang menduduki jabatan di WTO yang berkedudukan di Madrid.

Hal ini tentunya selain akan mengangkat nama Indonesia di dunia internasional juga melatih orang Indonesia bekerja di lembaga dunia. Hal ini akan dapat menunjukkan kemampuan Indonesia dalam percaturan dunia, ujarnya.

Taleb Ibrahim juga berjanji akan menempatkan orang Indonesia duduk dalam kepengurusan organisasi kepariwisataan PBB tersebut, terutama dalam bidang konferensi atau bidang penyelenggaraan konferensi.

Apalagi banyak orang Indonesia yang jago menyelenggarakan konferensi, dan bahkan Indonesia berhasil menjadi tuan rumah berbagai konferensi.

Dalam kesempatan itu Sekjen WTO yakin dan optimis pertumbuhan pariwisata dunia ditahun 2010 akan tumbuh sebesar tiga sampai empat persen, dimana tahun sebelumnya minus empat persen.

Asia lebih tumbuh dibandingkan Eropa antara enam persen, dengan target sebesar tujuh juta wisatawan ke Indonesia berarti tumbuh sebesar sembilan persen, itu merupakan suatu keberanian untuk memsang target sebesar tujuh juta, ujarnya.

Source : http://id.news.yahoo.com/antr/20100312/tpl-sekjen-wto-puji-keberhasilan-pariwis-cc08abe.html
Doc. : JTTC UGM

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: