Beranda > Artikel Pariwisata, Wisata Jogja > Yogya Layak Ditetapkan Sebagai Pintu Gerbang Internasional

Yogya Layak Ditetapkan Sebagai Pintu Gerbang Internasional

KEPATIHAN YOGYAKARTA (22-02-2010) – Selayaknya Yogyakarta bisa ditetapkan sebagai pintu gerbang atau air port internasional seperti Bali dan Jakarta. Sehingga Yogyakarta juga bisa memberikan restribusi pajak berdasarkan UU Pajak yang baru.
“Kita berharap kalau bisa diterapkan di Jogja, sehingga akan menarik bagi wisatawan untuk belanja disini. Karena berdasarkan UU Pajak yang baru mereka akan menerima pengembalian pajak PPN 10 persen,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tasbir, SH.MHum, di Kepatihan Daurejan, Yogyakarta, Senin (22/02).

Adisucipto Airport
Adisucipto Airport

Dikatakan, Bali dan Jakarta akan menerapkan UU Pajak yang baru tersebut pada 1 April mendatang, sementara untuk Yogyakarta belum bisa dilakukan karena belum ditetapkan sebagai pintu gerbang. Padahal jika Yogyakarta menerapkan UU Pajak yang baru tersebut, para wisatawan asing akan lebih semangat berbelanja dan tingkat pembelian meningkat. Setiap wisatawan asing kata Tasbir, berhak mendapatkan pengembalian pajak berupa pengembalian PPN 10 persen.

“Jadi prinsipnya PPN itu harus dikembalikan kepada wisatawan. Cuman kalau Yogya menerapkan UU itu, kan mereka lebih seneng keluar dari Yogya.  Kalau keluar dari Yogya kan dapet ini, berarti dapat insentif pengembalian PPN,” ujarnya.
Menurut Tasbir, untuk mendapatkan pengembalian pajak PPN 10 persen tersebut wisatawan asing begitu tiba di air port hanya menunjukkan resi pembelian, tempat belanja dan nilai pembeliannya kepada petugas pajak yang ada di air port. (rsd)

Source http://www.pemda-diy.go.id/
Doc. Source : http://zilarezi.files.wordpress.com/2008/06/dsc03039-copy.jpg

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: