Beranda > Artikel Pariwisata, Wisata Jogja > Yogyakarta Kembangkan Objek Wisata Baru

Yogyakarta Kembangkan Objek Wisata Baru

YOGYAKARTA: Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Disparda DIY), berupaya mengembangkan daya tarik dan menggarap objek wisata baru sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan.

“Disparda DIY selalu berupaya mengembangkan daya tarik objek wisata, termasuk menggarap objek wisata baru. Sebab, bagaimana pun juga objek wisata baru harus digarap secara serius, sekaligus menggembangkan daya tarik objek wisata lama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Kepala Disparda DIY Tazbir, di Yogyakarta, Senin (8/3). Menurut dia, dengan upaya tersebut, diharapkan pula masyarakat setempat ikut merasakan manfaatnya.

Ia mengatakan potensi pariwisata di wilayah Provinsi DIY sangat melimpah, tidak hanya kekayaan alam dan panorama pantai yang menawan, tetapi juga adat istiadat yang sampai sekarang masih hidup dan dijaga kelestariannya oleh masyarakat termasuk kesenian tradisional dan kebudayaannya.

Tazbir menyebutkan di DIY juga memiliki fenomena alam yang langka, di antaranya gumuk pasir Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, eco karst di Kabupaten Gunungkidul, bangunan heritage, serta aneka barang kerajinan yang membuat DIY dijuluki ‘surga wisata’ baru bagi wisatawan.

Apalagi, menurut dia, berbelanja dan berwisata di DIY dinilai oleh wisatawan sangat murah.
“Namun, seiring kemajuan pariwisata daerah lain, terutama dalam mengembangkan destinasi wisata baru, kepariwisataan DIY tidak boleh diam, dan harus serius menggarap serta menggali objek wisata baru yang bisa mendatangkan banyak wisatawan,” katanya.

Menurut dia, wisata menyusuri Sungai Opak menjadi salah satu objek wisata baru yang layak dikembangkan. Sebab, objek ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.
Ia mengatakan panorama alam yang masih asli dan bersih bisa dinikmati wisatawan ketika menyusuri Sungai Opak, maupun berwisata air Bendung Tegal, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Dalam waktu dekat, kata dia, penambahan berbagai fasilitas pendukung seperti dermaga, perahu wisata maupun tempat penjualan souvenir, akan dikembangkan, sehingga daya tarik objek wisata tersebut memiliki keunikan tersendiri. “Selain di Bantul, di beberapa daerah lain misalnya di Desa Wisata Nglinggo, Banjaroya serta pemandian suci Sendang Sono di wilayah Kabupaten Kulonprogo juga akan direvitalisasi, sehingga pariwisata di provinsi ini akan makin menarik untuk dikunjungi wisatawan,” katanya. (Ant/OL-7)

Source : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/03/128104/55/9/Yogyakarta-Kembangkan-Objek-Wisata-Baru

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: