Beranda > Artikel Pariwisata > Jumlah Wisatawan Ke Ambon Meningkat Tajam

Jumlah Wisatawan Ke Ambon Meningkat Tajam

Tugu Ambon
Tugu Ambon

Jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku, meningkat drastis dua tahun terakhir. Salah satu faktor peningkatan itu adalah Bandara Pattimura dijadikan sebagai bandara transit dari kota-kota di Papua dan Maluku oleh sejumlah maskapai penerbangan.
Kepala Pengawasan Tugas Operasional Bandara Pattimura Alex Rumahloine, Senin (10/5), mengatakan, sebelum tahun 2009, jumlah penumpang yang tiba/berangkat sekitar 400 orang per hari. Sejak tahun 2009, jumlah penumpang meningkat menjadi hampir 1.000 orang.

Manajer Teknik Bandara Pattimura Reggynald Krones mengatakan, peningkatan terjadi seiring Bandara Pattimura menjadi bandara transit dari kota-kota di Papua dan Maluku sebelum melanjutkan penerbangan ke kota seperti Makassar, Jakarta, atau Surabaya. Saat ini setiap hari ada 28 pesawat terbang/mendarat di Bandara Pattimura.
Ketua Asosiasi Tur dan Travel Maluku Tony Tomasoa menilai, peningkatan jumlah penumpang karena peralihan minat warga dari naik kapal laut ke pesawat udara. Naik pesawat terbang lebih efisien dari sisi waktu dan biaya ketimbang kapal laut. Contohnya, naik kapal laut Ambon-Makassar butuh waktu dua hari dengan tiket Rp 500.000. Kalau naik pesawat terbang, hanya 1,5 jam dengan tiket Rp 300.000-Rp 400.000.

Bali terancam

Sementara itu, Bali terancam kehilangan kunjungan wisatawan asal Jepang hingga 120.000 orang per bulan menyusul rencana maskapai Japan Airlines (JAL) menutup penerbangannya dari Tokyo dan Osaka ke Bali per 1 Oktober 2010. Pemerintah Provinsi Bali berharap wisatawan Jepang dapat dilayani Garuda.
Rencana penutupan disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Ngurah Rai Heru Legowo di Denpasar, Senin. Padahal, maskapai itu rata-rata mengangkut penumpang hingga 400 orang per hari dan angkutan kargo cukup baik.
Selain oleh JAL, penumpang dari Bali ke Jepang dan sebaliknya dilayani Garuda Indonesia rute Denpasar-Tokyo menggunakan pesawat Airbus 330-300. Vice President Corporate Communication PT Garuda Indonesia Pujobroto yang dihubungi di Jakarta menyatakan, Garuda akan menambah delapan penerbangan ke Jepang mulai September

Source : http://akuindonesiana.wordpress.com/2010/05/11/jumlah-wisatawan-ke-ambon-meningkat-tajam/
Doc. Source : http://ambones.files.wordpress.com/2009/08/ambon-tugu-kristina-martatihahu-dengan-latar-kota-ambon.jpg

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: