Beranda > Pelatihan Pariwisata > Disbudpar Jateng Tingkatkan Kualitas Pramuwisata (Pelatihan Pramuwisata JTTC UGM)

Disbudpar Jateng Tingkatkan Kualitas Pramuwisata (Pelatihan Pramuwisata JTTC UGM)

SLAWI- Tidak hanya membenahi sarana dan prasarana daerah tujuan wisata, namun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jateng juga fokus dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pramuwisata. Peningkatan kualitas ini telah dilaksanakan melalui pelatihan pramuwisata di dua tempat, yakni Hotel Kencana Pemalang dan Hotel Grand Liana Cilacap.

Kepala Disbudpar Jateng Prasetyo Aribowo menyatakan, peserta pelatihan ini merupakan pemandu wisata yang bernaung di biro perjalanan wisata (BPW). Adapun, kegiatan di Hotel Kencana ini berlangsung pada 5-7 Februari lalu, sedangkan pelatihan di Grand Liana, pada 12- 15 Februari 2013. ”Masing-masing kegiatan ini diikuti 40 peserta. Kami menghadirkan narasumber yang berkompeten dari JTTC (Jogja Tourism Training Center), harapannya mereka bisa membagikan ilmu dan pengalaman demi pengembangan pramuwisata Jateng,” tandasnya.

Pelayanan

Bukan hanya mempelajari teori, tetapi peserta juga akan menjalani sesi praktik lapangan di DTW Guci, Kabupaten Tegal. Menurut dia, pelatihan pramuwisata ini sangat penting guna mendukung program Visit Jawa Tengah (VJT) 2013 yang memasuki tahapan aktualisasi. Pelatihan ini tentunya melibatkan institusi yang berada di kabupaten/kota setempat. Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Disbupar Jateng, Sumartini menyatakan, pramuwisata sebagai ujung tombak pariwisata dalam program VJT. Karena itu, mereka harus dibekali pelatihan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada wisatawan di Jateng. ”Peserta ini belum bersertifikat, mereka diberikan pelatihan dulu untuk mendukung program VJT 2013. Jika sudah terlatih, mereka nantinya wajib mengikuti sertifikasi profesi,” ungkapnya. Sertifikasi ini harus dilakukan lembaga sertifikasi profesi. (J17,J14-79) Sumber: suaramerdeka.com edisi Rabu, 20 Februari 2013



  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: