Beranda > Tak Berkategori > Rumah Sakit Lever Pertama di Indonesia Dibuka

Rumah Sakit Lever Pertama di Indonesia Dibuka

Rumah sakit Pertamedika di kawasan Sentul, Bogor, hari ini, Senin, 20 Januari 2014, resmi dibuka. Gedung layanan kesehatan ini menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang memberi pelayanan khusus untuk pengobatan penyakit lever. “Kami sengaja mendirikan rumah sakit ini untuk menangani penyakit lever yang kasusnya cukup banyak di Indonesia. Sebab, 3 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit lever dan jantung,” kata Dany Amrul Ichdan, Direktur Utama Rumah Sakit Pertamedika Sentul, ketika ditemui hari ini, Senin, 20 Januari 2014. Menurut dia, Pertamedika menyediakan layanan transplantasi hati agar pasien tak perlu berobat ke luar negeri. Dengan demikian, kata Dany, rumah sakit ini bisa menjadi contoh pengobatan penyakit lever modern. “Jumlah tenaga medisnya 80 orang, 10 sampai 20 orang di antaranya memiliki spesialisasi bidang penyakit lever,” kata dia.

Meski demikian, keahlian tenaga medis itu belum mencukupi sehingga perlu asistensi ahli. Untuk itu, Rumah Sakit Pertamedika menggandeng kerja sama dengan Kifmec, salah satu institusi penelitian medis dari Jepang untuk mengembangkan kualitas dokter agar mumpuni di bidang penyakit lever. Secara berkala, Profesor Koichi Tanaka dari Jepang memberikan transfer ilmu dan pendampingan bagi dokter.

Direktur Operasional Rumah Sakit Pertamedika, Kamelia Fasial, mengatakan akan mengembangkan teknologi steem cell untuk model pengobatan di lembaganya. “Kami bekerja sama dengan Korea Selatan untuk proyek ini. Di sana, teknologi itu sudah berkembang,” katanya.

Sistem steem cell adalah metode pencangkokan sel untuk memperbaiki sel yang rusak karena penyakit tertentu. Menurut dia, pengobatan penyakit hati jika belum kronis bisa menggunakan metode ini. Jika sudah kronis, harus dilakukan operasi transplantasi hati.

“Metode steem cell lebih efektif karena transplantasi biayanya tinggi dan tidak mudah mendapatkan donor hati. Dalam waktu enam bulan ke depan, metode ini sudah bisa diterapkan,” ujarnya.

Rumah Sakit Pertamedika ini memiliki kapasitas 104 ruang rawat inap dengan berbagai pilihan fasilitas kelas ekonomi hingga mewah.

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: